STMIK AMIKOM Yogyakarta Menuju Sekolah Tinggi Kelas Dunia

STMIK AMIKOM Yogyakarta Menuju Sekolah Tinggi Kelas Dunia – Hallo guys , sedikit meluangkan waktu untuk mencoba mengikuti lomba Blog Contest yang di adakan oleh STMIK AMIKOM Yogyakarta. pada kesempatan ini sutopo mau menulis beberapa hal mengenai perjalanan STMIK AMIKOM Yogyakarta Menuju Sekolah Tinggi Kelas Dunia.

Perjalananku dari awal masuk kuliah yaitu pada tahun 2011 dimana waktu itu amikom sudah mencapai goal menjadi  Perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara,setelah berhasil maka amikom punya visi lagi yaitu menjadi Research University.

Barbagai upaya dilakukan untuk mencapai amikom menuju Research University, amikom sendiri perlu melakukan kerja keras untuk mewujudkan visi tersebut,beberapa hal yang harus di lakukan agar berhasil antara lain yaitu melakukan pembaharuan dan perubahan pada  mahasiswa, pihak lembaga, dosen dan staff dan komponen amikom di dalamanya.

Untuk terwujudnya hal tersebut maka perlu adanya untuk di sosialisasikan keseluruh civitas Akademik STMIK AMIKOM Yogyakarta, sehingga nantinya diharapkan dalam proses pelaksanaanya bisa satu kesatuan  untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan bersama sama.

Alhamdulilah tidak lama kemudian amikom berhasil menuju kampus Research University, yang dulu sempat diadakan review dan pemenangnya kalau gak salah mas Krisna Prima Satya Adam, atau mas Ndoro Bangun ,sutopo sudah lupa entahlah lupa ,  soalnya sudah lama dan sutopo  hanya mengingat ingat apa yang dulu di sampaikan sama  mas krisna waktu cerita mengenai amikom research university.

Di tahun 2014 ini alhamdulilah amikom sedang menuju atau mempunyai visi yaitu menjadi Sekolah Tinggi Kelas Dunia, yang di tandai dengan adanya gedung baru yang digunakan untuk mahasiswa S2 internasional.

Proses pembangunan pada tahun 2013 dan sekarng di tahun 2014 ini gedung untuk mahasiswa S2 internasional sudah bisa digunakan .

mahasiswa amikom

 

Agar Kampus amikom bisa menjadi sekolah tinggi tingkat dunia maka amikom harus memenuhi standar WCU (World Class University) ,nah apa itu World Class University..? ,berikut ini sutopo kutip dari blog krisna.web.id

– WCU adalah universitas yang dikelola secara efisien namun produktif, memiliki kualitas pembelajaran yang prima, memproduksi lulusan yang berkualitas dunia, menghasilkan penelitian yang berkualitas dunia (Frazer, 1994 dan Lang, 2004)
– WCU adalah universitas yang masuk dalam rangking utama universitas dunia karena memiliki keunggulan (excellence) berstandard dunia (Altbach, 2003)
– WCU adalah suatu universitas yang memiliki SDM yang secara teratur mempublikasikan hasil-hasil penelitian mereka pada jurnal-jurnal paling top dalam disiplin ilmu masing-masing. Lulusan suatu WCU dapat secara mudah bekerja di (negara) mana saja di dunia. (Ambrose King, dalam Mohrman, 2005)
– WCU adalah universitas yang memiliki reputasi internasional di bidang penelitian, pembelajaran dan kontribusi bagi masyarakat luas. (Levin,2006)

Selain itu juga , ada badan penilai agar sebuah kampus bisa dikatakan sebagai sekolah tinggi kelas dunia,berikut ini untuk lebih lengkapnya:

  1. Shanghai Jia Tong University (SJTU)
    Dengan indikator: kinerja penelitian, kualitas alumni dan staff (penghargaan yang diperoleh), indeks rujukan, publikasi ilmiah bidang IPA dan Seni/Humaniora, besaran akademik
  1. Times Higher Education Supplement (THES)
    Dengan indikator: penilaian mitra akademik melalui survey, indeks rujukan, rasio  dosen/mahasiswa, jumlah mahasiswa dan dosen internasional, penilaian stakeholder
  1. Webometric
    Indikator: WEB universitas  menyangkut aspek: visibility (50%), size (20%), rich files (15%), scholar (15%).Visibility: seberapa sering diakses oleh pihak lain Size: jumlah muatan/halaman/kolom/entri Rich files: jumlah files yang dimuat (misal bahan ajar, dokumen perpustakaan digital)  Scholar: publikasi ilmiah dosen/staf akademik

Adapun BENCHMARK dari World Class University antara lain bisa anda lihat dibawah ini :

  1. Melahirkan penelitian dan memiliki SDM  (faculty)  yang unggul
  2. Memiliki kebebasan dan atmosfer akademik yang kondusif
  3. Dikelola secara mandiri/Self Governance
  4. Memiliki fasilitas dan pendanaan yang memadai
  5. Mendukung keberagaman
  6. Melaksanakan internasionalisasi
  7. Memiliki kepemimpinan yang demokratis
  8. Memiliki mahasiswa yang berbakat
  9. Menggunakan ICT
  10. Menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas
  11. Menyapa kebutuhan masyarakat sosial
  12. Memiliki jaringan kerjasama internal dan eksternal yang kuat

sutopo berharap  sebagai mahasiswa amikom yang biasa  biasa saja ,semoga amikom bisa menjadi  STMIK AMIKOM Yogyakarta Menuju Sekolah Tinggi Kelas Dunia, amin. AMIKOM Kamus pasti bisa , AMIKOM kamulah  yang ada di hatiku .

Sumber :http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/lain-lain/dr-widyastuti-purbani-ma/MENUJU%20WCU.pptx

Posted in AMIKOM

Who’s Online

There are no users currently online